Rabu, 11 Mei 2011

Peugeot EX1 Pertajam Rekor Kecepatan Mobil Listrik





Inilah mobil konsep kejutan yang dijanjikan Peugeot di ajang Paris Motor Show 2010, dibuka awal minggu depan. Rilis yang dikirimkan Peugeot menyatakan, EX1 adalah sebuah mobil sport dua penumpang dengan atap dapat dibuka atau roadster. Hebatnya lagi, 100 listrik!

Keunikannya, seperti karya perancang produsen Perancis lainnya - eksterior dirancang futuristik, dengan garis-garis menggambarkan ketajaman EX1 sebagai mobil yang gesit. Grilnya dirancang melayang dengan kontur mengalir yang diambil dari konsep SR1. Sedangkan komponen aluminium yang menghiasi pintu, diambil dari model RCZ dan BB1.

Ciri khas lain yang mengesankan,cara membuka pintu, terbalik yang memberikan akses langsung ke jok model bucket. Di hadapan supir dan penumpang terpampang panel instrumen yang memberikan informasi performa EX1.

Kendati Peugeot belum mencantumkan dimensinya, beberapa media mengatakan, tinggi mobil ini hanya 0,9 m dan lebar 1,77 m. Gambaran mobil ini sangat ceper, aerodinamis dan titik berat yang rendah.

Suspensi depan menggunakan double wishbone, belakang menggunakan lengan ayun tunggal yang dihubungkan dengan satu peredam kejut seperti kontruksi suspensi sepeda motor. Struktur bodi monokok dibuat dari komposit serat karbon berbentuk sarang lebah (honeycomb).

Energi disimpan pada baterai lithium-ion yang diteruskan ke dua buah motor listrik yang dipasang pada setiap as roda. Tiap motor mampu menghasilkan tenaga 170PS ( total 340 PS) plus torsi 240Nm setiap roda.

Kombinasi bobot ringan, distribusi bobot , aerodinamika yang sangat efisien, torsi besar yang langsung menggerakkan roda, membuat mobil ini mampu berakselerasi "bagaikan kilat". Peugeot mengklaim mobil ini memecahkan rekor dunia ( disahkan FIA) untuk jenis mobil listrik. Kendati demikian tidak jelas waktu pastinya. Bahkan dikoarkan, sebelum akhir ini, mobil akan dites di China untuk memecahkan rekor!

0 komentar:

Poskan Komentar