Rabu, 11 Mei 2011

Dorsoduro 1200 "Maxi-Motard" Aprilia




Senin (7/3), ketika Ducati memperkenalkan produk terbarunya Multistrada 1200 Pikes Peak sebagai edisi spesial, Aprilia juga meluncurkan Dorsoduro 1200 yang bentuknya punya kemiripan pada bagian tertentu. Terutama dari kode angka menandakan kesemaan dalam kapasitas mesin, yakni 1.200 cc, tapi Dorsoduro punya tiga tenaga pilihan (sport, turing dan hujan).

Makanya, Aprilia menyebut Dorsoduro ini sebagai "maxi-motard", meski pemakaian nama Dorsoduro bagi masyarakat Italia paling jelek di planet ini. Selain hebat di tenaga dengan 130 HP yang dikeluarkan dari mesin V-Twin, moge ini dilengkapi sistem traksi kontrol dan ABS.

Ketika merancang Dorsoduro, Aprilia tak ingin sama seperti umumnya sepeda motor di kelasnya. Spesifikasinya harus berada di atas, maka keberhasilan pebalap max Biaggi menyandang juara dunia di arena kejuaraan dunia superbike (WSBK) 2010, dijadikan inspirasi di sektor mesin.

Termasuk juga sasisnya model ganda diaplikasikan dari Aprilia yang telah banyak memenangkan balapan. Menariknya lagi, lengan ayun ganda dipadu dengan desain ujung knalpot yang seperti menempel di ujung sadel dengan menghadap ke atas dan diberi perisai, membuat tampilan Dorsoduro lebih kekar.

Tenaga yang besar itu tak usah khawatir motor tidak berhenti ketika direm. Aprilia sudah meningkatkan performa penghenti laju dengan pemakaian kaliper yang radikal dari Brembo. Unsur kenyamanan saat berkendara juga sudah diprioritaskan, seperti teknologi ride-by-wire ditambah kopling hidrolik.

0 komentar:

Poskan Komentar