Selasa, 08 Maret 2011

Manfaat Pistachio Bagi Kesehatan


Para Ilmuwan mengatakan mengkonsumsi sejumlah kacang pistachio sehari dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat, mengusir penyakit jantung dan mencegah kanker.

Kacang Pistachio mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel dari kerusakan oleh bahan kimia berbahaya, yang disebut ‘radikal bebas’. Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of Nutrition berikut penelitian sebelumnya oleh tim yang sama yang menemukan pistachio membantu menghancurkan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.


Profesor Penny Kris Etherton dari Pennsylvania State University mengatakan: “Penelitian kami sebelumnya menunjukkan manfaat dalam menurunkan pistachio lipid dan lipoprotein, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. ”Ini penelitian baru yang menunjukkan efek tambahan mengkonsumsi pistachio sangat bermanfaat bagi kesehatan.”


Penny Kris Etherton juga mengemukakan bahwa pistachio jauh lebih kaya kandungan antioksidan lutein, beta-karoten dan gamma-tokoferol daripada kacang lainnya. Beta-carotene berubah menjadi vitamin A yang mencegah kanker dan gamma-tokoferol adalah bentuk umum vitamin E yang mengantisipasi penyakit jantung. Lutein ditemukan dalam sayuran yang berdaun hijau tua dan penting untuk perawatan kulit sehat. Hal ini diyakini sebagai antioksidan yang berguna mencegah kolesterol masuk ke dinding pembuluh darah dan menyebabkan peradangan.

Ketika para peneliti menguji efek pistachio pada tingkat antioksidan, mereka menemukan hasil riset yang menyatakan bahwa mengkonsumsi kacang pistachio dapat memberikan lebih banyak antioksidan dalam darah dan konsentrasi kolesterol relatif lebih rendah. Prof Kris-Etherton menambahkan: “Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa diet jantung sehat termasuk mengkonsumsi kacang pistachio bisa memberikan kontribusi pada penurunan tingkat serum LDL yang teroksidasi, sebagian lagi melalui penurunan kolesterol dan juga karena adanya keuntungan tambahan antioksidan dalam pistachio.

0 komentar:

Poskan Komentar