Senin, 21 Februari 2011

5 Manfaat Putus Cinta Bagi Kesehatan

Banyak yang beranggapan jika putus cinta menyebabkan kahidupan kurang nyaman. Jika anda menyadarinya, sebenarnya putus cinta justru akan berdampak baik bagi kesehatan Anda. Kehilangan kekasih bisa membuat kehidupan lebih menyehatkan, baik kesehatan psikis maupun fisik. Berikut beberapa manfaat putus cinta bagi kesehatan:

1. Lebih tenang
Saat bersama pacar, Anda lebih banyak menghabiskan banyak waktu bersama pacar. Setelah single, Anda memiliki banyak waktu untuk menemukan tempat yang menyenangkan. Menurut Peter Strong, Ph.D Meditasi adalah cara bagus untuk menyembuhkan luka hati.

2. Pola makan menjadi lebih baik
Sulit menolak makan seloyang pizza besar saat bersama kekasih? Dan hal itu banyak dikeluhkan wanita karena berat badan mereka menjadi meningkat. Menurut Susan Mitchell, Ph.D, seorang ahli nutrisi, setelah memutuskan hubungan percintaan, wanita bisa lebih fokus dan bijaksana dalam mengatur porsi makan dan asupan kalori.

Berikut pola makan yang baik untuk ditiru.



- Pilih makanan yang sehat dan membuat hati Anda menjadi lebih baik. Makanan yang mengandung vitamin C (jeruk, peach, paprika merah dan kentang), vitamin B (beras merah dan roti gandum) dan kalium (nanas, bayam atau buah). Makanan-makanan tersebut dapat menyeimbangkan tingkat stres.

- Dapatkan juga makanan yang cukup protein untuk menjaga keindahan rambut dan tubuh.

3. Kesenangan lebih terpenuhi
Sekarang waktunya Anda merebut kembali kebahagiaan Anda. Menurut Marsha Lucas, Ph.D, seorang psikolog di Washington, DC, wanita dalam menjalani hubungan terlalu banyak menempatkan energi pada pasangan mereka.

"Setelah putus cinta, Anda akan menemukan kembali hal-hal tentang diri Anda yang mungkin sempat Anda lupakan," ungkap Marsha.

4. Rajin berolahraga
Jika sebelumnya Anda jarang berolahraga, manfaatkan waktu luang Anda setelah putus cinta dengan lebih rutin berolahraga. Menurut, Tommy Boone, Ph.D, Pendiri American Society of Exercise Physiologists, latihan olahraga telah terbukti bekerja dengan baik sebagai obat untuk mengatasi depresi dan kecemasan.

5. Lebih dekat dengan sahabat
Seperti yang dilaporkan dalam studi University of Minnesota, manfaat lain dari putus cinta adalah Anda menjadi lebih dekat dengan sahabat-sahabat Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar