Jumat, 17 September 2010

Flu dan Vitamin C

Perubahan cuaca yang tiba-tiba seringkali membuat daya tahan tubuh kita menurun dan menjadi sangat rentan terhadap penyakit. Jika daya tahan tubuh kita sudah menurun, virus yang menyebabkan penyakit batuk, pilek, dan sakit perut seperti diare akan mudah menghampiri dan mulai menyerang kita.

Biasanya dalam kondisi yang demikian, antibiotik menjadi andalan untuk mengatasi gangguan penyakit-penyakit tersebut. Padahal sebenarnya tubuh kita telah memiliki mekanisme sistem kekebalan yang digunakan untuk menangkal faktor atau zat yang berasal dari luar tubuh yang dapat membahayakan kesehatan kita.

Karena kekebalan tubuh bersifat dinamis dan virus mampu bermutasi, maka kita harus mempunyai gaya hidup yang sehat untuk dapat memperkuat pertahanan tubuh kita. Saat ini banyak bermunculan penyakit-penyakit baru yang berbahaya, seperti virus Flu Burung . Flu merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus sehingga menyebabkan peradangan pada pada sistem pernafasan kita. Selama ini, vitamin C bukan hanya dikenal sebagai primadona-nya vitamin, tetapi banyak orang yang menggunakannya sebagai penangkal flu dan mengobati sariawan.

Berdasarkan penelitian Dr. Linus Pauling diketahui bahwa vitamin C memiliki kemampuan untuk menghambat partikel virus agar tidak menyebar melalui sel dan jaringan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mengurangi kekampuan molekul oksigen sampai menjadi radikal bebas dan kemudian menghancurkan asam nukleat virus.

Melihat manfaat yang bisa kita peroleh dari vitamin, rasanya tidak salah jika mulai membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C dalam tubuh kita dengan gaya hidup sehat dan selalu mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, seperti buah jambu batu, jeruk, apel, kapri, daun pepaya dan lain sebagainya.

Tips mencegah flu, antara lain:

* Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun
* Minum banyak air putih, minimal 8 gelas sehari
* Usahakan menghindari orang lain yang terkena flu
* Jaga selalu daya tahan tubuh dengan cukup istirahat, konsumsi makanan yang bergizi, olahraga yang teratur dan selalu memenuhi kebutuhan vitamin C

0 komentar:

Poskan Komentar