Rabu, 04 Agustus 2010

kendaraan sang KAISAR JEPANG


Bodi mobil ini memang klasik dan seakan-akan tidak mengikuti perkembangan zaman. Dikenal dengan Toyota Century, mobil yang diproduksi terbatas ini khusus untuk kalangan atas.


Varian tertinggi dari mobil Century ini yakni Century Royal digunakan oleh Kaisar Jepang Akihito. Di tahun 2006, Century Royal menggantikan peran Nissan Prince Royal yang sudah digunakan selama hampir puluhan tahun.

Toyota Century untuk kaisar Jepang ini menggunakan mesin 5.0 liter V12, harganya seperti dikutip situs carscoop melampaui 52,5 juta yen saat itu.

Selain digunakan oleh kaisar, pejabat pemerintah Jepang dan CEO perusahaan besar juga menggunakan mobil Century ini.

Saking super eksklusifnya mobil ini, Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor Joko Trisanyoto menuturkan untuk mendapatkan versi 'biasa' dari Century ini pun harus dipesan terlebih dulu mengingat produksinya yang hampir sepenuhnya hand made alias buatan tangan. Saat ini seperti tercantum di showroom Toyota di Amlux, Tokyo, harga Century 'biasa' mencapai 11 juta yen.

Ketika ditelusuri singkat sejarah Century, Century mulai dikenalkan pada tahun 1967 dan modelnya hanya mengalami perubahan sedikit hingga 1997 lalu, seperti halnya orang Jepang yang memegang teguh tradisi lamanya. Nama Century diambil untuk memperingati 100 tahun kelahiran pendiri Toyota yakni Sakichi Toyoda.

0 komentar:

Poskan Komentar