Selasa, 29 Juni 2010

Monitor dengan Sumber Listrik dari Port USB

Samsung Electronics Co Ltd mengembangkan monitor LCD 18,5 inci yang hanya mengkonsumsi daya 6,3 watt. Pada pameran industri display elektronik SID 2010, prototipe produk tersebut sudah diperlihatkan pada publik.

Pada demo yang digelar di booth Samsung, sumber pasokan daya untuk monitor tersebut adalah seperangkat PC yang disambungkan menggunakan sebuah kabel USB. Kabel USB tersebut ditancapkan pada dua buah port USB 2.0 di PC.

“Kami berencana memproduksi massal monitor LCD ini untuk desktop PC pada tahun 2011 mendatang,” kata juru bicara Samsung, seperti dikutip dari PC Advisor, 3 Juni 2010.

Rendahnya konsumsi daya dimungkinkan dengan meningkatkan kemampuan transmisi panel dan efisiensi luminance pada backlight. Sayangnya Samsung tidak menjelaskan lebih spesifik teknologi yang digunakan pada monitor tersebut.

Dari sisi produk, monitor tersebut dilengkapi oleh backlight tipe edge-lit yang menggunakan LED sebagai sumber cahaya. Seperti diketahui, LED memiliki efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan LCD monitor biasa. Akan tetapi, ada pula kerugiannya. Masa pakai monitor tersebut menjadi hanya 30 ribu jam. Angka ini 20 ribu jam lebih singkat dibanding monitor LCD LED yang ada saat ini.

Untuk resolusi, luminance, dan rasio kontras monitor tersebut adalah 1366x768, 250cd/m2 dan 1.000:1. (hs)

0 komentar:

Poskan Komentar