Selasa, 22 Juni 2010

Kta Pintar dari IBM di China

IBM, pada Kamis (24/09) lalu menyatakan akan membangun platform cloud computing di kota Dongying sebagai model bagaimana pemerintah local dan pebisnis melakukan modernisasi China. Pergerakan tersebut disponsori oleh Li Jinkun, wakil mayor Dongying, dalam rangka perluasan ekonomi kota Dongying dari produksi minyak dan manufaktur ke layanan teknologi.

Kota Dongying, berada di delta Sungai Kuning, dan IBM akan membangun Yellow River Delta Cloud Computing Center sebagai pusat pengembangan software yang secara otomatis menyuplai produksi petroleum. Menurut Willy Chiu, VP IBM Cloud Labs, kota ‘pintar’ garapan IBM tersebut akan menjadi pusat teknologi yang dibangun dengan hardware IBM CloudBurst di bulan Oktober mendatang, dan akan dibuka dalam 30 hari setelah persiapan sudah lengkap.

CloudBurst sendiri merupakan nama peralatan IBM HS22 yang berbasis chip Intel Xeon 5500 atau Nehalem dengan 8 core, yang pernah diperkenalkan bulan Juni lalu. IBM HS22 tersebut didesain untuk mempermudah user untuk menggunakan mesin virtual VMware, yang dapat dikontrol dari pusat lokasi. Menurut Chiu, dalam proposal IBM ‘Kota Pintar’, pemerintah kota Dongying akan menggunakan software cloud untuk mensuplai layanan pemerintah dan administer airport, taman, dan lintasan kereta api, juga layanan kesehatan.(h_n)

0 komentar:

Poskan Komentar